Export Visual Foxpro 9 Sesuai Engine Excel yang Ada

Posted by Antonius Dian Senin, 31 Maret 2014 0 komentar

Tutorial Visual Foxpro 9.


Kali ini saya akan membahas mengenai salah satu trik dalam Visual FoxPro 9 yaitu mengenai Export ke Excel. Bagi yang biasa menggunakan Visual FoxPro 9 tentu sudah mengetahui untuk melakukan export ke Excel dari cursor atau tabel cukup menggunakan perintah COPY TO D:\\VFP\Project\Nama_file TYPE XLS dan secara otomatis excel akan terbentuk di path yang kita ketikkan beserta nama filenya. Namun masalahnya adalah tipe file Excel yang terbentuk adalah Excel 95 dimana file ini tidak akan terbaca oleh aplikasi lain semacam SAP yang membutuhkan Excel 97 ke atas.

Nah kebetulan kemarin sempat mengalami masalah ini juga ketika aplikasi yang saya gunakan harus berintegrasi dengan SAP. Sebenarnya bisa saja diakalain dengan buka file excel hasil export nya kemudian save as ke excel 97. Beres? Belum. Karena tim audit akan menganggap file itu sudah diedit dan tentu saja hal tersebut tidak diperbolehkan. File yang sah adalah file yang benar-benar dari sistem tidak boleh ada campur tangan user. 

Jadi gimana donk? Ya triknya lakukan save as tersebut dari sistem agar hasil export excelnya sesuai dengan engine excel yang terinstall di komputer. Caranya? Ini codingnya.

cfiletemp  = D:\\VFP\Project\Nama_file_temporary
cfilename = D:\\VFP\Project\Nama_file_hasil

SELECT [nama_table/cursor]
COPY TO '&cfiletemp' TYPE XLS
oExcel   = CREATEOBJECT("Excel.Application")
oWorkbook = oExcel.Application.Workbooks.Open(cfiletemp)
oWorkbook.SaveAs(cfilename)
oExcel.Quit
oExcel = NULL
DELETE FILE '&cfiletemp'
WAIT 'Create File ' + cfilename + ' Success..!' WINDOW NOWAIT

Untuk deklarasi path dan nama file di cfiletemp dan cfilename jangan menggunakan ekstensi .xls, cukup nama file aja tanpa ekstensi. 

Disini konsepnya adalah tabel atau cursor akan diexport terlebih dahulu ke file excel sementara yang mana akan menjadi excel 95 lalu diopen di aplikasi (file excel tidak akan terlihat terbuka saat aplikasi berjalan) kemudian akan di save as ke file excel yang sesuai dengan engine excel di komputer. Untuk excel 2007 ke atas maka ekstensi file nya akan menjadi .xlsx. 

Ok that's it. Semoga berguna.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Export Visual Foxpro 9 Sesuai Engine Excel yang Ada
Ditulis oleh Antonius Dian
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kehidupanton.blogspot.com/2014/03/export-visual-foxpro-9-sesuai-engine.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Cara Buat Email Di Google | Copyright of Berbagi Informasi dan Kehidupan.